Baby, my day

Pengalaman Mencoba Berbagai Merk Diaper

Assalamualaikum, 

Kali ini gue mau ngebahas soal popok sekali pakai (pospak) atau diaper atau beberapa orang masih menyebutnya pampers. Ketika hamil, pospak ini jadi daftar wajib yang kudu disiapin. Gue bukan tim anti-pospak karena jujur pasti super repot kalau pakai popok kain. Udah bisa ngebayangin deh. Apalagi gue di rumah cuma seminggu ditemani mertua sama orang tua. Mertua sebenernya satu kota, tapi gue dan mas bojo lebih memilih mengurus anak berdua supaya lebih mandiri. Ditambah dengan cerita teman kantor yang cuma tahan seminggu memakaikan anaknya popok kain, makin yakinlah gue. Hayo ngacung siapa yang malesan kayak gue wkwkwk #nyaritemen.

Waktu gue hamil, merk pospak yang gue tau cuma pampers dan mamy poko karena dua produk itulah yang seliweran iklannya di televisi. Ternyata sekarang banyak banget merk pospak selain kedua itu. Tiap merk juga punya tingkatan harga dan kualitas. Maksudnya, ada merk yang ngeluarin pospak tipe murah dan mahal. Ini gue infoin beberapa merk pospak yang beredar di Indonesia dan tipenya.

1. Sweety ada Sweety Bronze (Bungkus Kuning), Silver (Bungkus Biru Muda) dan Gold (Bungkus Emas).

2. Mamy Poko ada Xtra Kering (Bungkus kuning), Extra Dry/Extra Soft/Royal Soft (Bungkus Biru Tua) dan Sensasi Lembut (Bungkus Emas).

3. Fitti ada Rainbow (Bungkus biru muda)/Daypants (Bungkus hijau-biru) dan Gold (Bungkus emas)

4. Goo.N ada Smile Baby (Bungkus Hijau-biru) dan Excellent Dry untuk Tape /Excellent Soft untuk Pants (Bungkus Putih-Biru). Note: Sekarang yang versi premium a.k.a Excellent udah ga ada tulisan Excellentnya

5. Merries ada Good Skin Pants (Bungkus Hijau) dan Premium Tape/Pants (Bungkus Putih)

6. Pampers hanya mengeluarkan produk premium, tape dan pants.

7. Genki ada Nepia Genki Tape/Pants untuk versi premium dan Moko-Moko Genki untuk versi standar.

8. Pokana hanya mengeluarkan produk pants, ada Reguler dan Super.

9. Neppi hanya mengeluarkan produk premium pants.

10. Bambo Nature hanya mengeluarkan produk premium pants.

11. Happy Nappy hanya mengeluarkan satu jenis produk.

12. Sensi hanya mengeluarkan produk standar.

13. Mama mia hanya mengeluarkan satu tipe produk.(entah standar atau premium)

14. Baby Happy hanya mengeluarkan satu tipe produk. (entah standar atau premium)

15. Happy Days by Fisher Price hanya mengeluarkan satu tipe produk. (entah standar atau premium, tapi kalo dilihat dari harganya kayaknya premium)

16. Drypers hanya mengeluarkan satu macam produk. (dilihat dari harganya juga kayaknya premium)

17. Huggies Drypants hanya mengeluarkan satu tipe produk.

18. Fluffy Baby Diaper hanya mengeluarkan satu tipe produk (Merk lokal loh ini).

19. Anerle Cheris hanya mengeluarkan satu tipe produk

Nah loh banyak kan? Dari sekian merk diatas, bisa jadi ada yang luput gue cantumin. Bingung kan mau beli yang merk apa tipe apa. Buat temen-temen bumil yang bingung mau beli apa untuk persiapan lahiran, tenaaaang…..gue bikinin ulasan untuk beberapa pospak yang pernah gue beli. Yuk disimak.

1. Goo.N Excelent Tape NB 48 
Ini merk yang direkomendasikan dua orang teman kantor gue. Ini pospak pertama yang gue beli. Gak yang paling bagus sih. Tapi ini merk premium dengan harga paling murah. Premium, tapi murah. Anak gue juga cocok pakai ini. Lapisan luar dan dalamnya lembut. Gak bulky-bulky banget kalau pospaknya penuh. Dan sampai sekarang, Goo.N tipe excellent inilah yang berkali-kali gue repurchase.

2. Mamy Poko Xtra Kering NB-S
Sewaktu hamil, gue hanya sedia pospak 1 bal merk seperti nomer 1 diatas. Pas udah mau abis, gue kelupaan beli lagi lewat online shop. Kenapa harus lewat online shop? Karena di Palembang belum nemu yang jual merk dan tipe itu dimana. Akhirnya mas bojo pergi ke minimarket buat nyari yang ukuran newborn. Nemulah mamy poko yang ini. Dia bilang udah ke 3 minimarket ga nemu yang newborn dan ini minimarket ketiga. Yasudah gue iyain buat dibeli. Harganya murah banget. Sejalan sama harganya, kualitasnya ya standar. Lapisan dalamnya masih kalah lembut sama lapisan luar Goo.N. Dua hari pakai, anak gue langsung ruam. Besoknya gue selingin sama clodi (yang masih kegedean), ruamnya agak berkurang. Karena udah terlanjur beli, pospak tetep gue pakein tapi dengan durasi 2 jam maksimal. No repurchase, karena anak gue ga cocok.

 

3. Mamy Poko Extra Dry NB 52 
Abis nyobain 2 merk, muncul hasrat pengen nyobain merk dan tipe lain. Gue nanya ke temen gue merk dan tipe pospak apa aja yang setara/selevel sama Goo.N Excellent. Ini salah satunya. Tadinya ragu mau beli ini gara-gara udah nyobain tipe standar. Tapi akhirnya nyobain juga. Anak gue cocok pakai ini. Enggak muncul ruam sama sekali. Yang bikin enggak nyaman mungkin bentuknya yang kotak. Kalau punya Goo.N dan Sweety bentuknya U gitu, jadi bagian bawahnya (selangkangan) agak menyempit. Perbandingannya kayak gambar di bawah. Lapisan dalemnya lembut. Kalau dibandingin sama Goo.N tetep masih lembut Goo.N. Oiya pospak ini juga agak bulky kalo pipis udah penuh.

Perbandingan sweety gold tape dan mamy poko extra soft tape


4. Sweety Gold Comfort Tape NB 30
Ini juga masuk daftar pospak yang setara/selevel sama Goo.N Excellent. Yang ini bentuknya U sama kayak Goo.N. Lapisannya menurut gue sama kayak Mamy Poko Extra Dry. Anak gue cocok juga pakai ini dan enggak ruam sama sekali.

5. Nepia Genki S 72 
Nepia Genki Ini levelnya diatas 3 merk yang udah gue cobain. Penasaran nyoba gara-gara temen gue bilang ini paling bagus dari semua merk. Ternyata bener. Udah enteng, lembut luar dalam dan tipis. Malah menurut gue kayak rapuh banget dan gampang sobek gitu saking tipisnya. Padahal ya enggak pernah sobek. Pakai ini jelas anak gue cocok banget. Gue juga seneng karena gak bulky. Pantes memang, karena harganya mahal setara Pampers dan Merries Premium. Gue makein size S ini pas anak gue umur 2 bulan. Beratnya udah 4,5 kg sih,kalo size newborn udah gak cukup.

6. Merries Good Skin Pants Size S 
Gue beli ini karena terpaksa, si pospak Genki udah menipis tapi belanjaan online belum dateng sampe udah seminggu. Akhirnya gue ke dua minimarket dan Cuma ada ukuran S mamypoko standar dan merries ini. Yasudah gue beli dengan harapan anak gue cocok. Alhamdulillah cocok. enggak ruam kayak si mamypoko standar. Nah yang gue enggak terlalu suka sama model pants itu karet di pinggangnya. Nge-cap gitu di pinggang anak gue dan jadi merah. Gue atasin dengan masukin singlet ke pantsnya. Resikonya ya kalo bayi poop, singletnya bisa kena. Selain itu, pas pipis penuh, merries ini kalo ditekan pake jari lapisan dalemnya basah. Update : Setelah anak gue makin gede, ini pospak langganan selain GooN. Sekarang udah umur 8 bulan dan pakenya ini. Alhamdulillah cocok.

Merries Good Skin Pants


7. Pokana Pants 
Ini beli karena penasaran. Beli yang surprise design, dapet diskon di JD.ID jadi sekitar 1300-an per pospak, pas awal-awal Pokana lagi hits. Pospaknya tipis dan emang ga nyerap banyak. Ga rekomen dipake malem. Alhamdulillah ga bikin ruam.

 

 

Pokana Pants

8. Moko-moko Pants
Beli ini karena pas ke daycare gabawa pospak, sedangkan anak gue yang paling kecil di daycare. Alhasil cus ke minimarket. Tiba-tiba mata tertuju pada merk ini. Apaan nih moko-moko? Dalam hati, ya Allah anak gue dijadiin percobaan mulu. Tapi penasaran, apalagi keluaran Genki kan, ga mungkin jelek. Akhirnya kepincut. Isinya dikit pula cuma 18. Jadi kalo gak cocok ga bingung ngabisinnya. Mirip pokana sih ini, tipis dan emang ga nyerep banyak. Sesuai sama harganya yang murce. Alhamdulillah anak gue ga ruam.

 

Kesimpulannya, dari kedelapan pospak yang gue cobain yang paling bagus Nepia Genki. Enteng, tipis, kering, enggak bulky meskipun pospak udah penuh. Yang sampai saat ini anak gue pake merk Goo.N karena harganya murah dengan kualitas sebagus itu. Ohiya kalau mau beli disesuain berat bayi ya, jangan buru-buru beli ukuran newborn banyak karena siapa tau anaknya cepet gede. Sekian ulasannya. InsyaAllah bakal di- tega beli Merries Premium sama Pampers hehehe. Bye~~ Wassalamualaikum.

UPDATE : Sekarang anak gue umur 8 bulan, GooN tetep make. Selang seling sama Merries Good Skin. Pernah nyobain sweety silver, hari keberapa gitu muncul merah-merah di selangkangannya. Akhirnya stop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *